Hai ada kabar baik untukmu pengguna seluler atau smartphone! Kami baru saja menerapkan kembali sistem Halaman instan, tapi kini hanya untuk pengguna seluler/smartphone.

Kami beberapa tahun terakhir kami menyelidikan dan mengamati apakah pengguna lebih menyukai website dengan loading cepat dan seperti instan atau website dengan desain menarik dengan animasi.

Kami menyimpulkan bahwa pengguna menyukai keduanya atau tepatnya ingin desain website mewah tapi dengan loading yang instan, tapi itu tidak mungkin bagi kami. Pada logikanya website yang mewah memerlukan sumber daya data yang besar hingga lebih 5mb bahkan 20mb bisa terjadi.

Ada cara untuk mempercepatnya tapi itu memerlukan harga yang mahal seperti salah satunya server khusus dan teknik khusus lalu itu tidak begitu saja menjadikan website seperti instan, itu hanya mempercepatnya atau memangkas waktu hingga 50% sampai 75% tapi data yang dikeluarkan sama saja, karena itu kami tidak mampu.

Oleh karena itu kami memilih opsi keduanya. Kami melihat bahwa pengguna seluler atau smartphone saat ini berkembang sangat – sangat pesat. Dari data situs kami pengunjung situs 80% menggunakan seluler ketimbang dekstop. Karena ini sedari 3 tahun lalu kami berusaha membuat versi seluler website menjadi super ringan.

Dan hasil dari itu kami menenukan 1 solusi tepat, yaitu mewah untuk dekstop dan sederhana untuk seluler.

Oleh karena itu pada website 9.2 tampilan seluler akan sangat sederhana ketimbang sebelumnya namun sangat – sangat ringan dan cepat pada intinya ini akan menjadi website majalah dengan pengalaman terbaik untuk membaca berita online.

Kecepatan situs yang supercepat merupakan gerakan dari Google yang bernama AMP (Accelerated Mobile Pages) adalah teknologi perangkat lunak yang dikembangkan oleh Google. Google AMP merupakan proyek idealis dari Google. Pengembangannya memiliki tujuan untuk meningkatkan kecepatan akses sebuah situs web, khusus dalam meningkatkan kecepatan akses melalui perangkat smartphone.

Kita anologikan perbedaan akses kecepatannya seluler dengan tampilan menarik vs seluler dengan tampilan khusus baca pada jaringan 4G (dihitung sampai website selesai dimuat termasuk iklan & video konten):

Seluler dengan Tampilan Mewah

  • Akses kunjungan pertama, memuat 6 sampai 17 detik.
  • Akses kunjungan kedua, memuat 4 sampai 12 detik.

Seluler dengan AMP

  • Akses kunjungan pertama, memuat 0.75 sampai 2 detik.
  • Akses kunjungan kedua, memuat 0.25 sampai 1.25 detik.
  • Setelah halaman di konfirmasi sebagai AMP oleh Google, 0 sampai 1 detik.

Jika kamu menggunakan 3G kamu dapat prediksi kecepatannya, kamu hanya perlu mengkali 2 dari skor diatas dan bila gunakan 5G kamu dapat bagi 2 untuk dapatkan hasil prediksinya. Namun prediksi diatas dapat kacau bilang latecy/ping internet kamu diatas 50 kami uji coba ini dengan ping 1 pada wifi dan ping 25 pada kartu operator seluler.

Uji coba ini dilakukan di server Indonesia dan singapura, jika kamu gunakan VPN yang membuatnya menjadi terpental ke server lebih jauh kemungkinan akses 4x sampai 6x lebih lambat namun tergolong cepat jika dibandingankan pada tampilan seluler AMP ketimbang tampilan seluler mewah.

Penghapusan Fitur Sementara

Karena projek AMP atau seluler instan ini kami menghapus fitur – fitur seperti event kalender atau kalender acara di situs kami dikarenakan tidak mendukung projek ini.

Pertayaan

  • Apakah mode seluler instan ini akan berlaku selamanya?
    • Tidak tau, kami akan mengamati sampai sejauh mana projek Google ini dikembangkan dan kontravensinya. Dan bila itu terlihat baik untuk website kami maka ini akan diteruskan.

Semoga dengan website 9.2 membuat pembaca lebih nyaman lagi dengan mengunjungi website kami lagi.