Halo semuanya kini ANP hadirkan pembaruan dan kami melewati versi 9.3 final kenapa?

Seperti yang disampaikan di artikelnya sebelumnya disini. ANP akan membatalkan versi 9.3 bila terjadi kerusakan saat halaman Uji Test Kecepatan Ekstrim dilakukan. Setelah 30 September hingga 25 Oktober hami menyimpulkan bahwa uji kecepatan itu hanya untuk efektif untuk pengguna dekstop namun buruk untuk pengguna seluler, akibat dari uji dihasilkan beberapa halaman terlihat hancur, iklan berantakan, dan fungsi utama website ANP berhenti berfungsi.

Namun ANP punya alternatif desain yang cukup luar biasa halaman berjalan sangat cepat namun tidak menghilangkan keindahan dan fungsi website ANP dan kamu dapat lihat itu sekarang. Versi 9.3 adalah projek untuk kecepatan website, 9.4 adalah menambahkan pengalaman membaca lebih baik pengguna seluler dan 9.5 adalah projek penambahan fungsional dan desain website lebih detail dari sebelumnya, dan sekarang inilah yang kamu lihat.

Hasil dari Versi 9.3

Sebelumnya melihat detail desain, ini dia adalah hasil dari skor sempurna pada ANP Versi 9.5 di versi seluler dan dekstop.

*Disclaimer, ini adalah data terbaik yang diambil. jika kamu uji sendiri, kemungkinan adanya hasil varian dari uji ini skor ini namun nilai tidak akan lebih rendah dari 85 dengan rata- rata sekor 90-an (pada dekstop) kecuali keadaan khusus seperti perubahan halaman, adanya aktifitas admin/editor/writer dll. Uji ini hanya dilakukan di pagespeed.web.dev milik Google karna data lebih akurat dan server langsung terhubung di Jakarta.

Dari hasil test ini, hanya sebuah skor yang di atur sistem namun untuk seluler ANP tidak sangka kalau skor bisa setinggi 60 karna sebelumnya untuk menyetuh skor diatas 40 bahkan 50 saja sangat sulit. Namun dari banyak penelitian dan uji coba hasil ini sangatlah memuaskan.

Perlu diingat kembali ini hanyalah sebuah skor yang dinilai oleh sistem, keadaan nyata website ANP dapat dijalankan beragam kecepatan ini dia hasilnya;

*Uji coba ini dilakukan melalui browser chrome dengan mode tamu dan akses internernet 100mbps/s dengan ping 3.

Dekstop

  • Dekstop, akses kunjungan pertama membutuhkan waktu 1.80 detik
  • Dekstop, akses kunjungan kedua kali membutuhkan waktu 1.47 detik
  • Dekstop, refresh/segarkan halaman waktu memuat ulang 1 detik

*Kasus saat keadaan server sedang berat/writer sedang beraktifitas waktu akses 3 atau sampai 6 detik.

Seluler

  • Seluler akses kunjungan pertama membutuhkan waktu 3 detik
  • Seluler akses kunjungan kedua membutuhkan waktu 2.10 detik
  • Seluler, refresh/segarkan halaman waktu memuat ulang 1.70 detik

*Kasus saat keadaan server sedang berat/writer sedang beraktifitas waktu akses 4 atau sampai 8 detik.

Hasil dari Versi 9.4

Kami mengurangi sejumlah titik iklan pada website yang kami pantau cukup mengganggu para pembaca dan beberapa halaman untuk melihat akses artikel kami hampir 90% meniadakan iklan. Namun kami juga masih membutuhkan pemasukan dari jadi iklan masih adalah hal yang penting jadi oleh karena itu sejak versi 9.4 diselesaikan, kamu yang mengguna plugin, add-ons, ekstensi atau aplikasi khusus lainnya untuk anti iklan maka kamu tidak akan bisa akses website kami.

Dengan mengklik iklan di ANP itu mendukung kami untuk terus berkembang lebih jauh dan membuat para writer semangat. Kami mendapat sebuah website yang dengan desain luar biasa dan sedikit iklan dan kamu malah gunakan anti iklan atau gak pernah klik iklan di website kami? kamu jahat sama kami 🙁

Hasil dari Versi 9.5

Lalu ini bagian utama yang mungkin kamu lebih suka yaitu desain website. ANP selalu utamakan tampilan yang indah dan juga simple. Pada versi 9.5 ini ANP menambahkan beberapa detail desain spesifik pada seluler dan juga dekstop.

Footer/Bagian Bawah

ANP mengubah bagian bawah situs kami menjadi lebih simple namun tetap pada fungsinya. Sekarang tombol menuju profil google news telah tersedia. Bentuk versi dekstop maupun seluler sama.

Home/Beranda

Beranda – versi dekstop

Pada pembaruan 9.5 tidak ada pembaruan desain spesifik. Kami hanya hilangkan daftar putar youtube karna meningkatkan kecepatan muat halaman beranda.

Beranda – versi seluler potrait
Beranda – versi seluler horizontal

Disinal letak perubahan desainnya. Kini kamu dapat merasakan versi dekstop beranda melalui smartphonemu tanpa harus bantuan mode dekstop di fitur browser, kamu hanya perlu putar smartphonenya menjadi horizon dan woh! kamu menikmati fitur dekstop yang detail tanpa perlu memuat ulang halaman.

Ingat ya kamu harus aktifkan dulu fitur rotasi layar di smartphonemu dulu baru bisa rasakan ini. Dengan ini kamu bisa dapatkan akses fitur detail pada bagian game dan visual novel seperti gambar diatas.

Halaman Terbaru

Halaman terbaru kini telah hadir kembali, kini fungsionalitasnya lebih berguna. Kamu dapat kunjungi halaman apalagi kamu ingin lihat artikel populer. Tapi-kan di halaman beranda, footer bahkan beberapa di artikel juga ada kenapa harus kesini?

Ini berbeda dengan halaman lainnya. Artikel populer ini halaman telah didesain khusus untuk di perbarui setiap waktu kunjungan karna khusus halaman ini saja memori, cookie dan cache tidak akan tersimpan di browser kamu selamanya. Setiap kamu kunjungi halaman ini memori, cookie dan cache akan direset dan dimuat ulang, Maka dari itu kecepatan muat halaman ini akan sedikit lebih lamban dari lainnya.

Bukan hanya itu saja! hanya dihalaman ini saja kamu dapat memilih kategori populer secara pilihan prbadi, contoh lihat di gambar ‘Terbaru – versi seluler potrait’.

Terbaru – versi Dekstop
Terbaru – versi seluler potrait
Terbaru – versi seluler horizontal

Desain Kategori

Setiap desain kategori akan memiliki desain indahnya masing – masing dan juga memiliki perbedaan versi dekstop dan selulernya masing – masing. Berikut tampilan baru dari setiap kategori:

Lainnya

Halaman artikel

Halaman artikel membaca juga memiliki perbedaan desain sangat spesifik antara versi dekstop dan seluler. Namun tenang desain itu tidak termasuk membedakan isi konten.

Fitur Translate Dihapus

Kami menghilangkan fitur terjemah bahasa ini dikarenakan fitur ini cukup besar mempengaruhi kualiatas situs kami dimata mesin pencari. Kamu dapat gunakan fitur terjemah bahasa dari add-ons/ekstensi tambahan dari browser.

Browser modern versi terbaru biasanya suda menyediakan fitur terjemah tanpa perlu mendownloadnya lagi.

Beberapa orang pembaca kami dari luar Indonesia atau mungkin kamu yang senang membaca dalam versi bahasa asing mungkin akan kecewa akan hal ini. Kami juga berpikir seperti itu, karena fitur terjemah dari lebih akurat ketimbang dari add-ons/ekstensi browser ataupun Google translate. Karena fitur terjemah otomatis itu tidak 100% terjemahan AI jadi tingkat keakuratan bahasanya lebih tepat dan enak dibaca/tidak terlalu formal karna mengikuti/menyesuaikan tulisan originalnya. Contohnya pada halaman profil ANP ini yang masih gunakan fitur terjemah otomatis walau jumlah bahasanya hanya ada 2.

AMP atau Mode Seluler Instan Dihentikan

ANP saat ini menghapus pengalaman membaca instan yaitu AMP yang diselenggarakan Google, karena mode AMP itu membuat fungsi utama website jadi hilang dan untuk kembali ke bukan mode AMP bagi beberapa orang cukup rumit. Lalu tampilan website menjadi nampak membosankan karna terlalu simple.

Mungkin ini akan diaktifkan lagi bila sudah ditemukannya solusi yang bagus. Instan namun tampilan terlihat bagus dan fungsi fitur dasar tidak hilang.

Fitur Ekstra Media Sosial

Kami sebenarnya sangat kekurangan admin di media sosial kami dan cukup sulit memperbarui setiap konten yang ada. Namun kami sudah punya solusinya. Dalam waktu kedepan dari sekarang kami akan memuat informasi terbaru dengan cepat dan instan hampir bersamaan disemua media sosial yang ada.

Namun, kali ini kami hanya bisa mengaturnya di beberapa media sosial saja yaitu:

  • Twitter
  • Instagram
  • Telegram (akun bot)
  • Pinterest
  • Youtube Community

Kamu yang sudah mengikuti salah satu 4 media sosial diatas pastinya sudah menemukan perbedaannya dari postingan terbaru. Itu membuat informasi terbaru yang tidak ada di website. Ya itu adalah konten ekstra kami yang kemungkinan tidak akan dimuat di website karna masalah keterbatasan memori server dan juga informasi itu juga sangat – sangat pendek dan banyak sekali dalam kurang waktu 6 jam saja bisa puluhan informasi beredar dengan cepat. Maka dari itu ‘kemungkinan memang tidak akan dimuat di website kecuali berpontesial viral’.

Tumblr & Facebook masih menggunakan metode lama dan hanya bisa mereposting otomatis artikel terbaru kami saja. Karna 2 media sosial ini sangat rumit persyaratannya & peraturannya. Sedangkan discord sedang dibuat sebuah bot khusus untuk ini namun ada permasalah juga yang susah dijelaskan, ini mungkin akan ada dilain waktu.

Akhir Kata

Itu dia pembaruan kali ini terimakasih sudah bersama ANP selama ini, jangan lupa dukung kami untuk terus berkembang dan lakukan pembaruan dengan share artikel kami dan untuk finansial bisa klik iklan di website kami setiap kamu selesai membaca suatu topik atau donasi melalui https://trakteer.id/animenewsplus