Pembaruan 11.1

Modern Format

Format PNG Format Avif

PNG Vs Avif

Format

AVIF

Saya berupaya meningkatkan kualitas website ini agar lebih modern, namun semua itu memerlukan gambar yang terbaik. Gambar berkualitas, seperti PNG, seringkali memiliki ukuran file yang besar. Sementara itu, format JPG yang lebih ringan cenderung menurunkan kualitas gambar. Format WebP, yang populer satu dekade lalu, dapat mengkompress gambar hingga 98%, tetapi detailnya bisa terpengaruh. Sebagai alternatif, format gambar AVIF, berbasis kode video AV1, mampu mengkompress hingga 99% tanpa banyak mengorbankan kualitas, bahkan dalam beberapa kasus, hasilnya justru lebih baik.

CONTOH JPG

Contoh WebP

Contoh PNG

Lainnya

Standar Format

AVIF kemungkinan akan segera menjadi standar format gambar modern dimasa depan, namun kemungkinan tidak akan diterapkan dibanyak platform dan perangkat smartphone dalam 3 sampai 8 tahun kedepan. Karna WebP yang merupakan gambar modern sebelum AVIF baru diterapkan oleh banyak platform ketika sudah 1 dekade setelah rilis pertama kali ditahun 2010 dan bahkan CMS terbesar yang menguasai pasar website seluruh dunia baru menerapkan format WebP pada tahun 2021. Jadi, kemungkinan AVIF ini tak akan diterapkan dalam waktu dekat bahkan untuk perangkatmu setidaknya dalam dekade ini, karna itu mungkin kamu tak akan bisa melihat gambar di Anime News Plus (bila diunduh) jika tidak dilihat melalui website Anime News Plus. Ini mungkin akan buruk, namun ini merupakan investasi yang bagus menurut saya.

Berikut gambar dibagian merupakan contoh dari poster film Rascal Doesn’t Dream of a Knapsack Girl dari 3 format gambar populer termasuk AVIF. Pengaturan kompresi diatartur dalam keadaan yang terbaik dari segi kualiatas gambar.

Orisinal – Dimensi 2586 x 3643 – PNG – 8,95 MB

kompresi – JPG – 1.06 MB

kompresi – WebP – 600 KB

kompresi – AVIF – 306 KB

LEBIH

Lihat Artikel Pertama ANP

Dengan Format Gambar Modern